Jenis-jenis Aspal yang Banyak Digunakan Saat Ini

Posted by on Rabu, 30 Januari 2019
jenis-jenis aspal
Jenis-jenis aspal sesuai dengan kebutuhan pengaspalan



Jenis-jenis aspal sebagai material utama pada konstruksi pelapisan perkerasan lentur dibedakan menjadi beragam jenis sesuai dengan kebutuhan dan pemakaiannya. Dalam membuat sebuah campuran aspal, jasa pengaspalan atau penyedia aspal akan mempertimbangkan kebutuhan lalu lintas yang akan melintasi suatu jalan sebelum membuat campuran yang cocok dengan keadaan permukaan jalan. Sebagai contoh, ketebalan aspal dan komposisi agregat tertentu yang membentuk aspal untuk memenuhi kriteria tertentu akan berbeda andata jalan yang sering dilewati oleh kendaraan dengan tonase tinggi dan kendaraan biasa.

Dalam penggunaan materialnya, jenis-jenis aspal dibedakan menjadi 3, yaitu aspal alam, aspal buatan, dan ter. Aspal buatan pun dari segi fisiknya terbagi lagi kedalam 3 jenis, yaitu aspal padat/batuan, aspal plastis, dan aspal cair. Kita tidak akan membahas semua jenis aspal, namun secara garis besar akan ditunjukkan perbedaan dari masing-masing jenis aspal, termasuk sifat-sifat yang dimiliki oleh aspal padat. 

·         Aspal Alam
Aspal alam tersedia dengan melimpah di alam dan dapat ditemukan di berbagai tempat, contohnya adalah Danau Aspal yang terdapat di Trinidad, menyediakan aspal yang memiliki komposisi 40% bitumen, 30% bahan eteris, dan 25% bahan mineral dengan 5% bahan organik. Atau di Indonesia sendiri tepatnya di Sulawesi Tenggara, terdapat aspal bernama Asbuton atau aspal batu beton yang didapat di pulau Buton, yang memiliki kadar asphaltene yang jauh lebih tinggi dan kadar maltene yang lebih rendah jika dibandingkan dengan aspal buatan.

·         Aspal Buatan (Bitumen)
Aspal Buatan atau sering disebut bitumen adalah jenis aspal hasil dari penyulingan minyak bumi yang mempunyai kadar parafin yang rendah atau dikenal dengan paraffin base crude oil. Jika dilihat dari segi bentuknya, aspal buatan terbagi menjadi:

1.       Aspal Padat
Aspal Buatan Padat merupakan hasil penyulingan minyak bumi yang kemudian sekali lagi disuling pada suhu yang sama namun dengan tekanan yang rendah sehingga didapatkan bitumen yang mempunyai penetrasi yang tinggi. Aspal padat pun memilki jenis-jenis aspal padat lain yaitu Straight Run (Bitumen Hasil Langsung) yaitu aspal yang dibuat dari minyak bumi yang banyak mengandung aspal dan sedikit parafin, kemudian ada Blown Bitumen (Bitumen Hasil Pencampuran Udara) yang memiliki penetrasi aspal lebih rendah dari straight bitumen karena terdapat proses tambahan dimana residu dari penyulingan vakum dicampur dengan udara pada suhu 400 oC.

Aspal Padat dapat digunakan pada hampir seluruh pelaksanaan pengerjaan perkerasan jalan, mulai dari pelapisan permukaan hingga pekerjaan konstruksi perkerasan jalan bermutu tinggi seperti lapisan aspal beton.

2.       Aspal Cair
Aspal Cair adalah aspal keras yang dicampur dengan pelarut. Jenis aspal cair bergantung pada jenis pengencer yang digunakan untuk mencampur aspal keras tersebut. Jenis-jenis aspal cair diantaranya ada Aspal RC (Rapid Curing), yaitu aspal cair cepat mengeras yang akan cepat mengendap, merupakan aspal keras yang dicampur dengan kerosin atau bensin. Ada juga Aspal MC (Medium Curing), yaitu aspal yang akan mengendap dalam kurun waktu sedang, merupakan aspal keras yang dicampur dengan minyak diesel. Terakhir ada Aspal SC (Slow Curing), yang merupakan aspal dengan pengendapan terlama, aspal keras yang dicampur dengan residu dari pengilangan pertama.

Aspal cair dapat digunakan seperti halnya aspal padat, namun dapat memberikan kemudahan dalam pelaksanaan pekerjaan dan mempersingkat waktu pengerjaan karena dengan sifatnya yang cair, aspal jenis ini akan lebih mudah mengalir diantara agregat dan menyelimutinya sehingga terbentuk ikatan antara batu aspal yang baik.

·         Ter
Ter adalah istilah umum yang ditujukan untuk cairan yang diperoleh melalui proses pemijaran atau destilasi pada suhu tinggi tanpa zat asam  dari mineral organis seperti kayu atau batu bara. Untuk pengerjaan konstruksi jalan digunakan ter yang berasal dari batu bara, karena ter yang didapat dari kayu sangat terbatas jumlahnya.

Demikian jenis-jenis aspal yang umumnya digunakan dalam proyek konstruksi jalan. PT Laksana karya Indonesia adalah perusahaan konstruksi pengaspalan yang dapat menjawab kebutuhan pengaspalan jalan anda. Dengan harga yang terjangkau, kami didukung oleh alat berat yang sangat memadai dan tenaga kerja yang ahli di bidangnya. Hasil pengaspalan yang kami lakukan telah teruji dalam banyak proyek konstruksi dan bergaransi sehingga anda tidak akan dikecewakan. Segala jenis kerusakan pada jalan aspal pun dapat diatasi dengan penggunaan campuran aspal hotmix yang tepat yang kami sediakan.

Silahkan kunjungi webiste kami di laksanakarya.co.id untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut mengenai harga dan jasa yang kami sediakan, atau anda dapat berbicara dengan personil representatif kami melalui nomor (021) 55712277. Anda juga dapat berkonsultasi dengan kami tentang jenis-jenis aspal yang anda butuhkan melalui alamat surel info@laksanakarya.co.id. Jangan ragu untuk menghubungi kami sekarang untuk mendapatkan penawaran spesial yang tersedia untuk anda.

logoblog
Jenis-jenis Aspal yang Banyak Digunakan Saat Ini

» Thanks for reading: Jenis-jenis Aspal yang Banyak Digunakan Saat Ini

Jual Aspal Curah Untuk Memperbaiki Jalan Aspal

Jual aspal curah untuk konstruksi pengaspalan jalan Jual Aspal Curah  untuk kebutuhan pengaspalan anda dapat ditemukan dijual per ki...