Perbedaan Aspal dan Beton Dalam Konstruksi Jalan Raya

Posted by on Rabu, 30 Januari 2019
perbedaan aspal
Perbedaan Aspal yang menjadikannya banyak dipakai dalam kebutuhan jalan



Perbedaan Aspal yang dapat anda lihat dalam konstruksi perkerasan jalan raya dengan bahan beton adalah bahan pengikatnya. Jalan aspal adalah perkerasan jalan lentur yang menggunakan aspal sebagai bahan pengikatnya, sedangkan beton menggunakan semen sebagai bahan pengikatnya. Campuran yang digunakan untuk mengikat agregatnya adalah aspal panas atau aspal hotmix. Pemakaian perkerasan jalan dengan aspal semakin meningkat seiring dengan meningkatnya teknologi dan ilmu pengetahuan dalam bidang infrastruktur jalan raya. Begitu pula halnya dengan beton. Kedua jenis perkerasan jalan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pada kesempatan kali ini, mari kita perhatikan kelebihan dan kekurangan jalan aspal jika dibandingkan dengan jalan beton.

Kelebihan jalan aspal:

1.       Jalan lebih halus, mulus, dan tidak bergelombang serta nyaman digunakan dalam berkendara. Hal ini karena dalam campuran panas (hotmix) perbedaan aspal yang membuatnya lebih unggul dari beton adalah tingkat kekasaran permukaannya yang rendah, sehingga mengurangi kebisingan.
2.       Warna hitam yang dimiliki oleh jalan aspal tidak memberikan efek silau pada siang hari, sehingga mempengaruhi psikologis pengendara menjadi terasa lebih teduh dan nyaman.
3.       Pada penggunaan jalan dengan lalu lintas kendaraan yang ringan, biaya pembuatan jalan aspal lebih murah atau hampir setara dibandingkan konstruksi jalan beton. Biaya pemeliharaannya pun dapat dikurangi apabila kerusakan yang terjadi pada permukaan jalan aspal dengan segera ditangani sedini mungkin.
4.       Proses perawatan jalan aspal lebih mudah karena dalam melakukan perawatan pada area yang rusak hanya dilakukan dengan menggali dan mengganti lapisan lama dengan yang baru pada area yang rusak.
5.       Pada saat konstruksi jalan selesai, perkerasan jalan beraspal tidak perlu menunggu waktu yang lama sebelum jalan dapat dioperasikan kembali, sehingga bisa langsung dibuka untuk melayani kendaraan.

Kekurangan jalan aspal:

1.       Tidak tahan terhadap genangan air terutama untuk jangka waktu yang lama, sehingga perlu adanya saluran drainase yang berfungsi dengan baik untuk dapat mengeringkan jalan setelah hujan atau banjir.
2.       Jika struktur tanah dasar kurang baik, perlu dilakukan perataan pada permukaan tanah sebelum ditumpangi oleh konstruksi jalan aspal.
3.       Tidak tahan terhadap beban kendaraan yang terlampau berat, sehingga tidak cocok diterpakan untuk lokasi jalan yang sering dilalui kendaraan berat pada proyek konstruksi.

Kesimpulan yang dapat ditarik dari perbedaan aspal dengan beton terutama dalam konstruksi jalan raya adalah perkerasan aspal memiliki kelebihan dalam hal biaya awal konstruksi yang lebih rendah, jalan aspal juga langsung bisa berfungsi setelah selesai dikerjakan, jalan aspal juga sesuai untuk konstruksi badan jalan yang belum stabil, serta lebih nyaman dan aman untuk dilalui karena jalan aspal memiliki tingkat ketahanan kekesatan yang tinggi, serta dalam pelaksanaan pembangunannya tidak sesulit jalan beton. Kekurangan pada bahan perkerasan aspal dibandingkan bahan perkerasan beton adalah biaya pemeliharaannya yang tinggi, kurang tahan terhadap beban berat terutama pada suhu tinggi atau pada kecepatan rendah, dan kebutuhan energinya yang tinggi khususnya untuk campuran bahan panas.

Pastikan jasa konstruksi yang anda sewa mengetahui perbedaan aspal dengan beton sehingga perkerasan jalan yang akan diterapkan pada proyek konstruksi jalan anda tepat sasaran dan berkualitas tinggi. PT Laksana Karya Indonesia menyediakan jasa kontraktor pengerjaan jalan yang bermutu tinggi. Perkerasan jalan yang akan diterapkan seperti bahan aspa atau beton yang digunakan berkualitas sangat baik, serta dikerjakan oleh tenaga profesional yang didukung dengan peralatan yang memadai. Hasil pekerjaan yang kami sediakan juga memiliki garansi dan dijamin memuaskan anda.

Untuk mendapatkan informasi selanjutnya tentang harga dan jasa pengaspalan yang kami sediakan, silahkan kunjungi website kami di laksanakarya.co.id, atau dengan menghubungi 021-55712277. Anda juga bisa mengirimkan email ke alamat info@laksanakarya.co.id. Kami nantikan panggilan dari anda.

logoblog
Perbedaan Aspal dan Beton Dalam Konstruksi Jalan Raya

» Thanks for reading: Perbedaan Aspal dan Beton Dalam Konstruksi Jalan Raya

1 komentar:

Iron Titanium Art - Art | Titanium Art | Titanium Art
Iron Titanium ti89 titanium calculators Art titanium white dominus price It is aluminum vs titanium a ford ecosport titanium text based art album titanium rings for women for the Tethro-Tethro-Tethro-Tethro-Tethro-Tethro-Tethro-Tethro-Tethro-Tethro-Tethro-Tethro-Tethro-Tethro-Tethro-Tethro-Tethro-Tethro-Tethro-Tethro-Tethro-Tethro-Tethro-Tethro-Tethro.

Jual Aspal Curah Untuk Memperbaiki Jalan Aspal

Jual aspal curah untuk konstruksi pengaspalan jalan Jual Aspal Curah  untuk kebutuhan pengaspalan anda dapat ditemukan dijual per ki...