Jasa Cat Epoxy Sebagai Pelapis Akhir Lantai atau Dinding Beton

Posted by on Senin, 14 Januari 2019


Jasa cat epoxy dikerjakan PT Laksana Karya Indonesia
Jasa Cat Epoxy yang salah satunya dikerjakan PT LAI


Jasa Cat Epoxy memiliki berbagai macam manfaat dan dapat digunakan pada berbagai macam bidang permukaan, salah satunya adalah pada pengerjaan lantai atau dinding beton. Satu hal yang pasti akan didapatkan saat menggunakan cat epoxy sebagai pelapis tambahan pada permukaan ini adalah melindungi permukaan dari kotoran yang dapat menempel sehingga permukaan menjadi lebih bersih, terlihat mengilap, dan permukaan yang terlapis juga akan tahan dengan benturan atau bahan kimia.

Lantai beton yang sudah dilapisi dengan cat epoxy akan menjadi lebih mengkilap, dan memiliki daya tahan yang lebih kuat terhadap tekanan. Namun, bahan yang membentuk cat epoxy yakni resin dan pengeras membuat cat epoxy memiliki cara pengaplikasiannya sendiri. Jika tidak dilapisi dengan baik dan merata, cat epoxy bisa cepat rusak dan akan meningkatkan biaya perawatannya, hal yang tentunya akan dihindari oleh kebanyakan kontraktor jasa cat epoxy.

Ada banyak tips yang tersedia mengenai pengaplikasian cat epoxy pada permukaan lantai, mari kita bahas beberapa diantaranya:

1.       Lantai yang akan dilapisi dengan cat epoxy perlu memiliki standar tersendiri sebelum dilapisi dengan cat epoxy. Pada lantai beton gudang atau pabrik misalnya, sebaiknya terbuat dari bahan dasar beton yang memiliki berat tekan 225kg/cm. Untuk lantai keramik dan lantai rumah, permukaan lantai harus dipastikan bersih, bebas dari kotoran dan sisa-sisa semen yang mungkin menempel karena proyek pembangunan sebelumnya. Lantai keramik juga harus dipastikan tidak rusak atau cacat.

2.       Karena bahannya yang tidak bisa langsung mengering dengan cepat, lantai yang terbuat dari bahan beton harus berumur sekitar 28 hari setelah proses pengecoran dilakukan. Sedangkan pada lantai rumah atau lantai lainnya harus berumum sekitar 2 minggu setelah pengecoran. Hal ini penting mengingat jika lantai yang akan diaplikasikan cat epoxy belum benar-benar kering, akan memberikan dampak ketidakakuratan pada tekanan saat dilalui beban berat, yang juga akan dengan cepat merusak lapisan cat epoxy.

3.       Jasa cat epoxy perlu melapisi lantai dengan penahan uap air terlebih dahulu. Penahan uap air ini berbentuk lembaran tipis yang bertujuan untuk menghindari pencampuran antara uap air yang berasal dari dalam tanah dengan cat epoxy.

4.       Untuk hasil akhir cat epoxy yang rata secara maksimal, permukaan lantai perlu dipastikan rata dan tidak bergelombang.

5.       Sebelum cat epoxy diaplikasikan, lantai juga harus dibersihkan dari segala macam kotoran yang bisa jadi secara tidak sengaja ada di atas permukaan lantai, seperti sisa semen yang mengering, atau percikan cat tembok, atau bahkan minyak dan cairan lainnya yang tidak berhubungan dengan proses pengerjaan.

6.       Sewaktu membersihkan permukaan lantai dengan cairan pembersih tertentu seperti sabun, lantai juga harus dikeringkan, kemudian siap untuk dilapisi dengan cat epoxy.

Pada saat proses pengaplikasian cat epoxy dilakukan, kondisi dalam ruangan perlu dipastikan memiliki aliran udara yang baik. Hal ini bisa dikondisikan dengan membuka seluruh saluran udara seperti jendela, pintu, maupun lubang ventilasi lainnya. Hal ini juga penting demi keselamatan pekerja yang bertugas, karena zat yang terkandung pada cat epoxy yang belum kering memiliki bau yang menyengat dan bisa berbahaya untuk kesehatan.

Teknik pengaplikasian epoxy akan dibahas pada artikel lainnya. Jika anda sedang membutuhkan jasa cat epoxy yang terjangkau dan berkualitas, silahkan hubungi PT Laksana Karya Indonesia, sebuah perusahaan konstruksi yang telah berpengalaman bertahun-tahun dan telah mengerjakan banyak proyek epoxy dengan hasil yang memuaskan. Silahkan kunjungi situs laksanakarya.co.id untuk mendapatkan info lebih lanjut, atau bisa melalui nomor telepon (021) 55712277, atau email ke info@laksanakarya.co.id. Percayakan pekerjaan epoxy anda kepada kami yang akan menjamin hasil yang berkualitas.

logoblog
Jasa Cat Epoxy Sebagai Pelapis Akhir Lantai atau Dinding Beton

» Thanks for reading: Jasa Cat Epoxy Sebagai Pelapis Akhir Lantai atau Dinding Beton

Jual Aspal Curah Untuk Memperbaiki Jalan Aspal

Jual aspal curah untuk konstruksi pengaspalan jalan Jual Aspal Curah  untuk kebutuhan pengaspalan anda dapat ditemukan dijual per ki...