Jasa Pengaspalan Hotmix Membuat Campuran Berkualitas

Posted by on Kamis, 17 Januari 2019

Jasa pengaspalan hotmix berkualitas terpercaya


Jasa Pengaspalan Hotmix digunakan untuk melapisi jalan raya dengan bahan perkerasan berupa aspal. Sering disebut dengan aspal beton, aspal hotmix adalah campuran dari berbagai macam agregat seperti agregat kasar, agregat halus, filler (bahan pengisi), dan aspal yang digunakan sebagai pengikatnya. Hotmix adalah jenis campuran aspal dalam suhu tinggi yang komposisinya telah diatur dan dibuat dengan teliti oleh kontraktor pengaspalan yang ahli di bidangnya.

Aspal dan aspal hotmix juga memiliki banyak jenis yang umum digunakan pada saat pembangunan jalan raya. Jenis-jenisnya adalah:

·         Prime Coat (lapisan Resap Pengikat)
Merupakan lapisan pengikat aspal cair yang diletakkan pada bagian atas lapis pondasi agregat kelas A, dibuat dengan aspal yang memiliki penetrasi 80/100 atau 60/70 dicairkan dengan minyak tanah. Dengan volume berkisar antara 0,4 – 1,3 liter/m2, aspal hotmix jenis ini berfungsi untuk memberikan daya ikat antara agregat dengan aspal, sehingga mencegah lepasnya butiran-butiran agregat jika dilewati kendaraan. Lapisan ini juga dapat menjaga lapisan pondasi jalan dari cuaca seperti hujan supaya air yang dapat merusak struktur jalan tidak dapat masuk dengan mudah.

·         Tack Coat (Lapisan Perekat)
Merupakan lapisan perekat, aspal cair yang terletak diatas lapisan beraspan atau beton. Terdiri dari aspal emulsi yang cepat menyerap atau aspal keras dengan penetrasi 80/100 atau 60/70 yang dicairkan dengan 25 sampai 30 bagian minyak tanah per 100 bagian aspal, juga pemakaian volumenya berkisar antara 0.15-0.50 liter/m2 lebih tipis dibandingkan dengan volume prime coat.

·         Concrete Base Ashpalt (Hotmix ACB) atau Treated Base Ashpalt (Hotmix ATB)
Merupakan lapisan aspal yang digunakan sebagai pondasi lapis atas pada konstruksi jalan lalu lintas berat, memiliki ketebalan minimal 5 cm.

·         Binder Course (AC-BC)
Merupakan lapisan yang terletak di antara lapisan aus (wearing course) dan lapisan pondasi (Base Course) dengan tebal minimum 4 cm. Meski tidak tersentuh langsung dengan cuaca namun jasa pengaspalan hotmix harus memastikan ketebalannya cukup karena berfungsi untuk mengurangi ketegangan yang diberikan beban lalu lintas yang akan diteruskan ke lapisan di bawahnya.

·          Wearing Course (AC-WC)
Sering juga disebut Laston atau Lapisan Aspal Beton, merupakan lapisan teratas dengan ketebalan minimum 4 cm yang berhubungan langsung dengan lalu lintas berat sehingga berfungsi sebagai lapisan aus. Lapisan ini penting untuk diperhatikan karena tergantung kualitasnya, lapisan teratas dapat menambah daya tahan perkerasan terhadap penurunan mutu, yang berefek pada bertambahnya umur jalan.

·         Hot Roller Sheet (HRS)
Sering juga disebut Lataston atau Lapisan Tipis Aspal Beton, merupakan lapisan aspal yang digunakan pada jalan yang sering dilewati lalu lintas sedang dengan minimal tebal lapisan 3-4 cm.

·         Fine Grade (FG)
Dengan ketebalan 2.8 cm hingga 3 cm, lapisan Fine Grade sering digunakan untuk jalan perumahan, karena kondisi lalu lintas perumahan yang ringan hingga sedang.

·         Sand Sheet
Dengan ketebalan maksimum 2.8 cm, lapisan sand sheet tidak begitu tebal dan umumnya hanya digunakan pada jalan perumahan atau area parkiran.

Penting bagi jasa pengaspalan hotmix untuk mengetahui dengan baik jenis-jenis aspal hotmix diatas karena penggunaannya berbeda-beda. Jika salah mengaplikasikan dapat memberikan dampak yang cukup besar seperti bertambahnya anggaran yang diperlukan, atau bahkan mengurangi umur jalan karena pengaplikasian lapisan aspalnya tidak sesuai dengan kondisi lalu lintas jalan yang seharusnya. Oleh karena itu perlu juga diadakan survey pada jalan yang akan dikerjakan sebelum proyek dapat dilaksanakan dan kontrak ditandatangani.

PT Laksana Karya Indonesia adalah salah satu perusahaan jasa konstruksi yang bergerak dalam bidang jasa pengaspalan hotmix. Dengan tenaga kerja yang professional dan peralatan yang sanagt memadai, anda dapat mempercayakan pengerjaan perkerasan jalan anda kepada kami. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan kami atau sekedar bertanya info lainnya seputar konstruksi pengaspalan melalui email di info@laksanakarya.co.id, atau dengan mengunjungi website resmi kami di laksanakarya.co.id, atau juga dengan berbicara langsung di line telepon (021) 55712277. Hasil pekerjaan yang kami tawarkan bergaransi dan tentunya terjangkau, kami jamin tidak akan mengecewakan anda.

logoblog
Jasa Pengaspalan Hotmix Membuat Campuran Berkualitas

» Thanks for reading: Jasa Pengaspalan Hotmix Membuat Campuran Berkualitas

Jual Aspal Curah Untuk Memperbaiki Jalan Aspal

Jual aspal curah untuk konstruksi pengaspalan jalan Jual Aspal Curah  untuk kebutuhan pengaspalan anda dapat ditemukan dijual per ki...