Pemborong Aspal Menggunakan Agregat Terbaik

Posted by on Jumat, 25 Januari 2019
pemborong aspal
Pemborong Aspal menggunakan bahan agregat berkualitas untuk menghasilkan campuran aspal yang baik



Pemborong Aspal memiliki perbedaan dengan kontraktor aspal dalam hal penyediaan jasanya. Skala pengerjaan proyek yang ditangani pun berbeda. Namun, meski terkadang ada jasa pemborong yang belum memiliki izin usaha yang resmi seperti halnya kontraktor, jasa borongan masih banyak dicari karena harganya yang murah. Tidak soal jenis jasa apa yang anda inginkan, proyek konstruksi pengerjaan jalan harus diawasi dengan saksama supaya hasil pengerjaan jalannya berkualitas dan memiliki umur jalan yang panjang.

Kualitas aspal yang digunakan oleh jasa konstruksi tidak lepas dari kualitas bahan dasar pembentuk utamanya, yaitu agregat. Berdasarkan definisinya, agregat adalah perkerasan berbutir yang digunakan dalam suatu campuran perkerasan jalan. Agregat juga adalah bahan pengisi yang terdiri dari mineral padat, berupa masa dengan ukuran besar atau berupa fragmen. Sekumpulan butiran batu pecah, kerikil, pasir atau mineral lainnya yang didapatkan dari alam maupun buatan adalah sebagian contoh dari agregat.

Sebagai bahan dasar dan komponen utama dalam campuran perkerasan jalan yang banyak digunakan oleh pemborong aspal, agregat menyusun  hingga 90-95% berat dan 75-85% dari volume suatu campuran. Inilah yang menyebabkan kualitas dari perkerasan jalan sangat ditentukan oleh kualitas material agregat yang digunakan dan hasil campurannya dengan material lain, yaitu aspal. Berdasarkan proses terjadinya, agregat yang terbentuk dari bebatuan terbagi atas batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorfik. Mari kita perhatikan karakteristik masing-masing jenisnya yang memiliki pengaruh terhadap kualitas pengaspalan.

Batuan beku, sama halnya dengan agregat, berasal dari magma yang mendingin dan membeku. Agregat beku pun dibagi lagi menjadi dua macam, yaitu agregat beku luar dan agregat beku dalam. Agregat beku luar biasanya memiliki butiran yang halus, contohnya, andesit, basalt, batu apung, dan sebagainya. Sedangkan agregat beku dalam biasanya memiliki tekstur kasar, contohnya, diorit, gabbro, syenit, dan lain-lain. Batuan sedimen berasal dari campuran mineral, sisa-sisa hewan dan tanaman yang mengalami proses pengendapan dan pembekuan. Agregat sedimen ini juga terbagi berdasarkan proses pembentukannya, yaitu proses mekanik, proses organik, dan proses kimiawi. Yang terakhir adalah batuan metamorfik. Batuan atau agregat metamorfik adalah batu-batuan yang mengalami perubahan bentuk akibat adanya perubahan tekanan dan temperatur kulit bumi.

Dalam mengolah agregat, pemborong aspal juga mempertimbangkan jenis agregat lain. Karena berdasarkan pengolahannya, agregat dibagi lagi menjadi agregat siap pakai dan agregat yang masih perlu diolah. Pada jenis yang siap pakai, agregat terbentuk oleh proses erosi dan degradasi, dan hal ini sangat menentukan bentuk akhir dari partikelnya. Jika terbentuk oleh proses erosi, umumnya bentuk agregat akan bulat dan memiliki terkstur permukaan yang licin. Jika terbentuk oleh proses degradasi, bentuk agregat umumnya memiliki sudut yang tajam dan kasar. Agregat yang masih perlu diolah biasanya masih berbentuk besar dan masif, karena diperoleh langsung dari sungai maupun pegunungan sehingga perlu diolah terlebih dahulu. Agregat jenis ini umumnya baik digunakan sebagai material perkerasan jalan karena mempunyai bidang pecahan, tekstur yang kasar, dan ukurannya yang bisa diolah sesuai dengan yang diinginkan.

Pada artikel berikutnya akan dibahas bagaimana agregat dibedakan berdasarkan ukuran butirnya, dan sifat-sifat yang dimiliki oleh agregat. Pastikan hasil campuran perkerasan jalan yang anda dapatkan berkualitas dengan menyewa jasa pemborong aspal yang terpercaya dan menggunakan kualias agregat yang sesuai. PT Laksana Karya Indonesia adalah perusahaan yang menyediakan jasa borongan pengaspalan yang terpercaya dan memiliki keahlian yang mumpuni dalam bidang pengaspalan jalan. Silahkan lihat informasi jasa maupun harga yang kami sediakan dengan mengunjungi website laksanakarya.co.id, tlp (021) 55712277, dan email info@laksanakarya.co.id. Dengan didukung peralatan yang modern dan hasil pekerjaan yang bergaransi, anda tidak akan kecewa dengan hasil pengerjaan jalan yang kami lakukan.

logoblog
Pemborong Aspal Menggunakan Agregat Terbaik

» Thanks for reading: Pemborong Aspal Menggunakan Agregat Terbaik

Jual Aspal Curah Untuk Memperbaiki Jalan Aspal

Jual aspal curah untuk konstruksi pengaspalan jalan Jual Aspal Curah  untuk kebutuhan pengaspalan anda dapat ditemukan dijual per ki...