Jasa Aspal Hotmix dan Proses Pembuatannya dengan Alat Berat

Posted by on Senin, 24 Desember 2018


Jasa Aspal Hotmix sering dijumpai pada proyek konstruksi pembuatan atau perbaikan jalan dengan bahan aspal hotmix. Bahan aspal hotmix yang sering disebut, merujuk pada digunakannya aspal sebagai pengikat agregat pembentuk jalan dan karena sifat campurannya yang memiliki suhu tinggi, maka proses ini dinamakan pengaspalan hotmix. Pemakaian campuran panas aspal ini semakin meningkat seiring dengan meningkatnya pengembangan pada suatu daerah.

Mengapa jalan aspal banyak digunakan? Hal ini dikarenakan biaya awal pembangunan jalan yang menggunakan bahan aspal relative lebih murah jika dibandingkan dengan jalan beton atau jalan paving. Selain itu, jalan aspal cenderung lebih mulus, tidak bergelombang dan membuat pengendara lebih nyaman dan teduh dalam berkendara karena tingkat kebisingannya yang rendah dan warnanya yang hitam. Apalagi pada jalanan dengan lalu lintas kendaraan yang ringan, biaya konstruksi jalan aspal lebih murah dibanding jalan beton.

Jasa aspal hotmix juga banyak dibutuhkan karena perawatan jalan aspal lebih mudah, hanya dengan melakukan penggalian area yang rusak lalu dilakukan penambalan atau mengganti area aspal yang rusak dengan campuran aspal hotmix yang baru. Namun demikian jalan aspal lebih direkomendasikan untuk jalan yang struktur dasarnya sudah mantap, dengan didukung oleh system drainase jalan yang juga tertata dengan baik.

Lalu bagaimana tahapan pembuatan jalan aspal?

Pertama, diperlukan pekerjaan pemetaan dan pengukuran badan jalan, supaya sesuai dengan ukuran yang menjadi patokan anggaran pengerjaan jalan aspal. Kemudian, badan jalan akan dibersihkan dari pohon dan sampah. Tahapan pekerjaan ini dinamakan clearing & grubbing. Pada proses membersihkan lahan dan gali-urug tanah ini akan dilakukan menggunakan alat berat excavator.

Setelah proses pembersihan selesai, kontraktor akan melanjutkan dengan proses membentuk badan jalan (stripping). Hal ini bertujuan untuk membentuk badan jalan, yakni tinggi dan belokannya, agar sesuai dengan apa yang sudah direncanakan. Untuk membentuk pondasi bawah, tanah akan dipadatkan dengan menggunakan Buldozer dan Vibrator Roller, kemudian pondasi bawah dikerjakan dengan menghamparkan material pondasi bawah seperti batu kali macadam dengan menggunakan Dump Truck. Setelah material terhampar, akan diratakan dan dipadatkan kembali dengan alat Tandem Roller.

Langkah selanjutnya yang akan dilakukan oleh jasa aspal hotmix setelah pondasi bawah selesai, yaitu menghamparkan pondasi atas yakni ATB (Ashpalt Treated Base). Bahan yang akan mengikat base course dan ATB ini adalah Prime Coat. Setelah pengecoran menggunakan prime coat dilakukan, kemudian pelapisan atas menggunakan material aspal ATB, pelapisannya digunakan menggunakan mesin finisher lalu Tandem Roller akan berperan untuk memadatkannya lagi. Namun sebelum dihampar, lapisan permukaan perlu di cor dengan tack coat (lem perekat antara ATB dan aspal hotmix).

Sebelum masuk ke langkah berikutnya dalam pembuatan jalan aspal, bagian jalan yang sudah diberikan tack coat dan sudah dipadatkan dengan tandem roller akan dibersihkan dari debu dengan menggunakan Air Compressor (alat ini kerap anda jumpai atau lihat di tempat tambal ban). Setelah ini barulah penghamparan lapisan permukaan akan dilakukan dengan menggunakan aspal hotmix. Tekniknya pun sama seperti sebelumnya, yaitu aspal hotmix dihampar menggunakan asphalt finisher, lalu dipadatkan kembali menggunakan tandem roller.

Terakhir adalah proses finishing. Untuk pekerjaan finishing dilakukan pemadatan dan perataan jalan dengan menggunakan alat berat Pneumatic Roller. Setelah proses finishing selesai maka tahapan terakhir adalah penambahan marka jalan, kemudian jalan raya sudah menjadi bagus dan siap untuk digunakan.

PT Laksana Karya Indonesia merupakan salah satu kontraktor jasa aspal hotmix terpercaya yang siap mengerjakan kebutuhan pengerjaan konstruksi jalan anda. Kami pun juga menyediakan penyewaan alat-alat berat. Silahkan dapatkan info lebih lengkap dengan mengunjungi situs kami di laksanakarya.co.id, atau di nomor telepon (021) 55712277. Atau anda bisa juga mengirimkan email ke alamat info@laksanakarya.co.id. Jangan ragu untuk menggunakan jasa kami yang telah berpengalaman di bidangnya.

logoblog

» Thanks for reading: Jasa Aspal Hotmix dan Proses Pembuatannya dengan Alat Berat

Jual Aspal Curah Untuk Memperbaiki Jalan Aspal

Jual aspal curah untuk konstruksi pengaspalan jalan Jual Aspal Curah  untuk kebutuhan pengaspalan anda dapat ditemukan dijual per ki...