Jasa Pengecoran Jalan Menggunakan Bahan Dasar Beton

Posted by on Rabu, 26 Desember 2018
Jasa pengecoran jalan PT Laksana Karya Indonesia



Jasa Pengecoran Jalan memiliki kaitan erat dengan bahan beton. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata cor atau mengecor memiliki arti menuang atau membuat barang cor-coran. Coran sendiri berarti hasil pengecoran atau adukan semen dan batu kerikil. Pada kenyataannya, adukan semen dan batu kerikil inilah yang memang merupakan agregat yang seringkali membentuk bahan coran. Campuran inilah yang biasanya disebut batu cair, atau beton.

Beton terbentuk dengan cara mencampurkan beberapa komponen yang tersedia dengan komposisi tertentu. Contoh bahan yang membentuk komposisi beton adalah split (agregat kasar), pasir (agregat halus), semen (bahan aditive), dan air. Bentuk paling umum dari beton adalah beton semen Portland, yang terdiri dari agregat mineral (umumnya kerikil dan pasir), semen, dan air. Penggabungan beberapa material ini diharapkan bisa mempunyai kekuatan dengan durasi waktu yang sesuai dengan rencana.

Agregat yang membentuk bahan beton ini harus bersih dari kotoran seperti lumpur atau tanah. Agregat kasar berfungsi sebagai tumpuan kekuatan pada beton, agregat halus berfungsi pengikat butiran kasar tadi, dan semen akan menjadi perekat dari semua komponen agregat pembentuk beton. Jika skala perbandingannya dari penggabungan semua jenis agregat sudah sesuai maka akan didapatkan mutu beton yang berkualitas. Pencampuran bahan-bahan ini akan membentuk reaksi kimia yang akan membentuk bahan yang kuat dan kokoh, sehingga proses inilah yang dinamakan pengecoran beton.

Dalam melakukan proses pengecoran ini, jasa pengecoran jalan perlu memperhatikan beberapa faktor yang dapat menentukan kekuatan dari jalan beton yang dibangun. Adapun beberapa faktor yang diperhatikan meliputi:

  1. Jenis dan kualitas semen. Semen yang merupakan bahan pengikat utama dari seluruh agregat yang digunakan memiliki pengaruh yang besar terhadap proses pengecoran. Oleh karena itu Jenis dan kualitas dari semen juga berpengaruh pada kekuatan dan umur bangun beton.
  2. Jenis Agregat yang digunakan. Kenyataannya, penggunaan agregat akan menghasilkan beton dengan kekuatan tekan dan tarik yang lebih besar daripada penggunaan kerikil halus dari sungai. Hal ini dikarenakan lekak lekul (bergelombang) antara agregat dengan kerikil halus berbeda.
  3. Perawatan. Ini juga menjadi salah satu factor kunci yang perlu diperhatikan oleh jasa pengecoran jalan pada pekerjaan lapangan dan pembuatan benda uji. Bila pengeringan dilakukan sebelum waktunya, beton dapat kehilangan kekuatan hingga 40%.
  4. Suhu. Umumnya kecepatan pengerasan berbahan beton akan bertambah seiring dengan bertambahnya suhu. Kuat tekan dari beton akan tetap rendah pada titik beku untuk waktu yang lama.
  5. Umur. Pada keadaan normal, kekuatan beton berkualitas akan bertambah dengan umurnya.


Jasa pengecoran jalan juga seringkali menggunakan bahan beton karena beton memiliki sifat yang kuat, dapat dibentuk sesuai kebutuhan konstruksi, dan dari segi pengerjaannya juga tergolong mudah. Namun meskipun pengecoran beton terlihat sederhana, jika tidak memperhatikan faktor-faktor diatas dan tidak dilakukan dengan benar maka kualitas akhir konstruksi beton dapat terpengaruh. Banyak tips yang tersebar di berbagai situs dan buku yang membahas tentang hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam menangani pengerjaan cor beton. Oleh karena itu, pastikan kontraktor yang anda sewa juga memenuhi standar dan kriteria tertentu sebelum memulai proses pengecoran jalan.

PT Laksana Karya Indonesia adalah salah satu kontraktor jasa pengecoran jalan yang sudah berpengalaman menangani proyek-proyek konstruksi pengecoran beton dan dengan didukung oleh alat-alat berteknologi tinggi dan tenaga professional menjadikan kami salah satu kontraktor terpercaya untuk proyek pengecoran. Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai rincian biaya maupun jasa yang kami sediakan, silahkan kunjungi website kami di laksanakarya.co.id, atau dengan menghubungi nomor telepon yang tersedia di situs tersebut (021-55712277), atau bisa juga dengan mengirimkan email ke alamat info@laksanakarya.co.id.  

logoblog
Jasa Pengecoran Jalan Menggunakan Bahan Dasar Beton

» Thanks for reading: Jasa Pengecoran Jalan Menggunakan Bahan Dasar Beton

Jual Aspal Curah Untuk Memperbaiki Jalan Aspal

Jual aspal curah untuk konstruksi pengaspalan jalan Jual Aspal Curah  untuk kebutuhan pengaspalan anda dapat ditemukan dijual per ki...