Jasa Survey Topografi dan Peranannya

Posted by on Kamis, 20 Desember 2018
Jasa survey topografi menggunakan alat ini

Jasa Survey Topografi banyak ditemui bekerja menggunakan teknologi peralatan sistem informasi geografis yaitu alat ukur topografi yang berbentuk seperti tripod. Survey pemetaan topografi dilakukan sebagai salah satu metode untuk menentukan posisi tanda-tanda buatan manusia maupun alami diatas permukaan tanah. Survey topografi juga digunakan untuk menentukan konfigurasi medan permukaan tanah karena seperti yang kita ketahui, bumi memiliki permukaan yang tidak rata.

Sebelum membahas tentang jasa survey topografi mari kita perhatikan latar belakang survey topografi ini dilakukan.Topografi berasal dari kata topos yang berarti tempat dan grapho yang berarti menulis. Jadi, topografi adalah ilmu yang mempelajari tentang bentuk permukaan bumi, dan juga benda langit lain, seperti planet, satelit alami seperti bulan, dan asteroid. Bahkan pembuatan peta pun membutuhkan ilmu topografi. 2 teknik utama yang sering digunakan dalam studi topografi adalah melalui survey secara langsung dan remote sensing atau penginderaan jarak jauh.

Seorang surveyor dibutuhkan dalam melakukan survey topografi karena memiliki sebuah keahlian khusus yang mampu membaca proses perpindahan bentuk bumi dan permukaannya melalui proses survey topografi yang dilakukan secara langsung. Jadi proses survey dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan informasi mengenai permukaan tanah.

Informasi yang didapatkan oleh seorang surveyor ini nantinya bisa berupa tinggi rendah atau keadaan fisik dan posisi suatu benda (alami maupun buaan) yang berada di permukaan lahan yang akan dipetakan. Hasil dari survey ini akan berupa sebuah peta topografi. Survey topografi umumnya dilakukan pada bidang datar sebuah pekerjaan konstruksi sebelum dimulainya pembangunan pada sebuah lahan, dengan menggunakan suatu rumus dan mengabaikan kelengkungan bumi karena biasanya nilai kelengkungan bumi sangat kecil.

Namun anda mungkin bertanya, jika remote sensing atau penginderaan jarak jauh memiliki teknologi yang sangat maju, mengapa jasa survey topografi masih dibutuhkan? Hal ini karena kebanyakan survey topografi masih dilakukan dengan metode survey secara langsung yang memiliki hasil/informasi yang lebih akurat tentang keadaan sebidang lahan atau permukaan tanah. Teknik survey secara langsung dimulai dengan tahapan orientasi medan terlebih dulu, mendapatkan informasi luasan dengan alat GPS navigasi, menetapkan batas areal lahan dengan jelas, serta mengetahui titik acuan awal (lokal maupun global), dan kemudian menempatkan lebih dari satu patok BM sebagai referensi di lapangan.

Untuk pekerjaan lapangan, survey secara langsung yang dilakukan menggunakan Total Station dapat mempermudah pekerjaan terutama pada lahan yang memiliki kondisi ekstrim atau curam. Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pengukuran ditentukan oleh kondisi serta luas permukaan lahan yang membutuhkan pengamatan atau akan diamati. Jumlah personil atau tim yang diturunkan untuk melakukan pengukuran juga berperan penting dalam lamanya survey dilakukan. Intinya, proses survey topografi akan lebih mudah dan lebih cepat dilakukan jika ada batas-batas yang jelas, dan memiliki gambaran situasi awal yang mendukung tentang kondisi lahan yang akan diukur, juga apabila kondisi lahan tidak terlalu curam dan memilik akses akomodasi yang mudah.

PT Laksana Karya Indonesia menyediakan jasa survey topografi yang akurat dan terpercaya, berkualitas namun tentunya dengan harga yang terjangkau. Anda bisa mendapat informasi lebih lanjut tentang survey topografi atau pengukuran lahan yang kami lakukan dengan mengunjungi website kami di laksanakarya.co.id, atau anda dapat berbicara langsung dengan menghubungi kami di telpon (021) 55712277, atau bisa juga dengan mengirimkan pertanyaan anda seputar survey topografi maupun harganya melalui email di info@laksanakarya.co.id. Jangan ragu untuk menghubungi kami. Tim kami akan menindaklanjuti setiap pertanyaan apapun yang anda miliki sehubungan dengan topografi maupun jasa kami yang lainnya.

logoblog
Jasa Survey Topografi dan Peranannya

» Thanks for reading: Jasa Survey Topografi dan Peranannya

Jual Aspal Curah Untuk Memperbaiki Jalan Aspal

Jual aspal curah untuk konstruksi pengaspalan jalan Jual Aspal Curah  untuk kebutuhan pengaspalan anda dapat ditemukan dijual per ki...