Harga Pengaspalan Yang Dipengaruhi Banyak Faktor

Posted by on Jumat, 18 Januari 2019
harga pengaspalan
Harga Pengaspalan bervariasi tergantung material yang digunakan



Harga Pengaspalan akan bervariasi tergantung dari panjang jalan yang akan diaspal, tebal pengaspalan dan jenis jasa yang mengerjakan proyek pengaspalan. Kualitas dari aspal yang digunakan pun akan mempengaruhi harganya. Jika ingin mendapatkan hasil pekerjaan jalan yang baik, bisa dipertimbangkan untuk menggunakan jasa pengaspalan hotmix. Contohnya, salah satu portal berita menyebutkan bahwa biaya perkerasan aspal hotmix seluas 1 meter persegi yang terdiri dari lapisan pasir batu 30cm, macadam 20cm, dan aspal hotmix 5 cm adalah seharga Rp 400.000. Dengan biaya pemeliharaan berkisar Rp 100.000 per 1 meter persegi.

 Aspal merupakan salah satu jenis perkerasan jalan yang berwarna coklat tua atau hitam. Jika dipanaskan pada suhu tertentu, aspal padat akan menjadi lunak sehingga dapat digunakan sebagai bahan pengikat agregat seperti batu pecah yang dapat memperkuat permukaan jalan. Berasal dari salah satu hasil destilasi minyak bumi atau aspal minyak dan bahan alami atau aspal alam, aspal adalah komponen kecil yang memiliki harga pengaspalan yang relatif mahal. Salah satu jenis aspal yang dapat memberikan lapisan kedap air dan tahan terhadap pengaruh asam, basa dan garam adalah jenis aspal beton.

Jenis perkerasan aspal juga berbeda dari perkerasan jalan seperti beton. Perkerasan aspal pada umumnya membutuhkan biaya awal konstruksi yang cukup tinggi, mengingat kenaikan minyak dunia dapat berimbas pada kenaikan harga aspal. Perkerasan aspal memang tidak sekuat perkerasan beton, namun bergantung dari kualitas campurannya, perkerasan aspal dapat dibuat sekuat perkerasan beton. Namun untuk dapat menghasilkan daya dukung tanah dasar dan umur rencana yang sama seperti perkerasan beton, maka keperluan agregat perkerasan beraspal juga dituntut lebih banyak, sehingga sumber material agregat baru perlu lebih banyak didapatkan.

Selama umur rencana, perkerasan beraspal juga membutuhkan biaya pemeliharaan yang cukup tinggi sehingga tentunya akan menaikkan harga pengaspalan. Oleh karena itu hal ini dapat dicegah dengan memastikan perkerasan beraspal hanya diterapkan pada lokasi yang tidak memiliki masalah dengan sistem drainase, dan lalu lintas yang lewat juga tidak terlalu padat. Tingginya biaya pemeliharaan jalan beraspal juga dapat dikurangi jika kerusakan yang terjadi pada permukaan jalan aspal seperti lubang atau keretakan ditangani secepat mungkin.

Perkerasan aspal sendiri memiliki keunggulan dalam faktor waktu dikarenakan tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk difungsikan. Bila suatu saat terjadi sesuatu dan jalan aspal perlu dibenahi atau direcycling, waktu yang diperlukan juga tidak lama dan tidak membutuhkan alat yang terlalu besar. Terlebih jika terpelihara dengan sangat baik, jalan dengan perkerasan beraspal juga dapat tahan hingga 10 tahun sebelum dilakukan pekerjaan overlay atau peningkatan. Oleh karena itu penerapan jalan beraspal lebih cocok untuk diterapkan pada jalanan yang akan difungsikan untuk lalu lintas dengan kecepatan sedang atau tinggi seperti jalan tol.

Kendaraan dengan berat tekan yang tinggi juga dapat diatur untuk melewati jalan aspal pada malam hari sehingga perkerasan beraspal dapat lebih awet. Hal ini dikarenakan kekuatan perkerasan aspal akan turun saat temperatur naik yaitu pada siang hari. Namun, pada konstruksi campuran panas (hotmix), pelapisan jalan yang menggunakan bahan aspal sangat nyaman untuk dilalui karena memiliki tingkat kekasaran permukaan yang rendah sehingga mengurangi kebisingan yang dihasilkan akibat pergesekan roda kendaraan dengan permukaan aspal.

PT Laksana Karya Indonesia bergerak dalam bidang jasa pengaspalan, dapat memenuhi kebutuhan anda dalam proyek pembangunan jalan aspal. Untuk mempeoleh informasi lebih lanjut tentang harga pengaspalan yang kami sediakan, silahkan kunjungi website kami di laksanakarya.co.id. Anda juga dapat mengontak kami di nomor (021) 55712277, atau melalui email ke alamat info@laksanakarya.co.id. Kami siap melayani kebutuhan pengaspalan anda dalam bentuk apapun. Jangan ragu untuk menghubungi kami.

logoblog
Harga Pengaspalan Yang Dipengaruhi Banyak Faktor

» Thanks for reading: Harga Pengaspalan Yang Dipengaruhi Banyak Faktor

Jual Aspal Curah Untuk Memperbaiki Jalan Aspal

Jual aspal curah untuk konstruksi pengaspalan jalan Jual Aspal Curah  untuk kebutuhan pengaspalan anda dapat ditemukan dijual per ki...