Jasa Aspal Jalan Menangani Kebutuhan Pengaspalan Hotmix Anda

Posted by on Senin, 21 Januari 2019
jasa aspal jalan
Jasa Aspal Jalan dikerjakan PT Laksana Karya Indonesia



Jasa Aspal Jalan tersedia di berbagai daerah di seputar Indonesia karena kebutuhan pengaspalan jalan yang sangat tinggi. Kebanyakan pembangunan jalan raya yang berada di Indonesia menggunakan aspal sebagai bahan perkerasannya. Hotmix, bitumen, asbuton, dan banyak jenis aspal lainnya digunakan untuk melapisi jalan tanah sehingga menghasilkan infrastruktur jalan yang lebih baik, mampu menunjang transportasi darat dengan layak dan menunjang suasana distribusi yang lebih baik bagi seluruh kegiatan perekonomian di berbagai daerah.

Bisa jadi anda bertanya, mengapa aspal hotmix begitu banyak digunakan? Sesuai dengan namanya, aspal hotmix merupakan aspal yang pencampurannya dilakukan dengan suhu tinggi. Apa yang dicampur dengan suhu tinggi? Yang dicampur adalah berbagai macam agregat halus dan kasar, juga bahan pengisi atau filler dan diikat dengan aspal yang dipanaskan menggunakan suhu tinggi. Material pembentuk aspal ini dicampur di instalasi pencampur tertentu (biasanya dekat dengan lokasi penghamparan). Dalam pencampurannya, aspal beton hotmix yang berkualitas harus memenuhi standar tertentu dalam hal stabilitas, keawetan, kelenturan, ketahanannya terhadap lelah, kekesatan permukaan, tingkat kedap air dan kemudahan pelaksanaannya.

Dalam segi stabilitas, jasa aspal jalan yang menggunakan bahan aspal hotmix perlu memiliki kekuatan yang mampu menahan deformasi akibat beban yang tetap dan berulang dari lalu lintas diatasnya tanpa adanya keruntuhan. Hal ini penting karena jalan aspal yang memiliki volume lalu lintas tinggi, apalagi jika sebagian besarnya merupakan kendaraan berat, akan menuntut stabilitas yang tentunya juga lebih besar dibandingkan dengan jalan yang volume lalu lintasnya hanya terdiri dari kendaraan penumpang. Stabilitas yang baik dapat terlihat dari hasil geseran antar butir, penguncian antar partikel dan daya ikat yang baik dari lapisan aspal hotmix.

Oleh karena itu, stabilitas yang tinggi pada jenis aspal hotmix hanya dapat diperoleh dengan menggunakan agregat yang gradasinya baik, rapat, dan memiliki rongga antar butiran yang kecil. Tapi bukan berarti agregat dengan rongga antar butir perlu digunakan seluruhnya, tetap diperlukan komposisi tertentu supaya pemakaian aspal tidak terlalu banyak daripada agregatnya karena akan menimbulkan terjadinya bleeding, atau kegagalan aspal dalam menyelimuti agregat dengan baik.

Dalam segi durabilitas, jalan yang dibuat dengan bahan aspal hotmix yang berkualitas harus memiliki ketahanan terhadap pengaruh cuaca, air, perubahan suhu, bahkan hingga keausan akibat gesekan terhadap roda kendaraan. Faktor durabilitas pada aspal hotmix dipengaruhi oleh tebalnya selimut aspal, banyaknya pori, kepadatan dan kedap air dalam campuran.

Besarnya pori yang tersisa dalam campuran aspal setelah pemadatan terjadi dapat menurunkan durabilitas dari aspal. Semakin besar pori tentunya akan membuatnya semakin tidak kedap air dan semakin banyak udara di dalam aspal hotmix, sehingga akan semakin mudah selimut aspal beroksidasi dengan udara dan menjadi getas yang akan menurunkan durabilitasnya juga. Disini juga diperlukan rongga antar agregat yang besar agar aspal bisa menyelimuti agregat dengan lebih baik.  

Oleh karena itu, dalam membuat campuran aspal hotmix yang baik, jasa aspal jalan perlu memperhitungkan komposisi agregat halus dan kasar dengan sangat teliti guna mendapatkan campuran aspal hotmix yang memiliki kualitas dan durabilitas yang tinggi.

Bagaimana dengan segi kelenturan? Segi kelenturan aspal yang baik akan memberikan kemampuan untuk mengikuti deformasi yang terjadi akibat beban lalu lintas yang berulang tanpa mengalami retak ataupun penurunan akibat berat tanah timbunan yang dibuat diatas tanah asli. Jika ingin membuat campuran aspal hotmix dengan kelenturan yang tinggi maka perlu dipastikan rongga antar butiran agregat cukup besar, rongga dalam campuran yang kecil, dan pemakaian aspal dengan kualitas penetrasi yang tinggi. Atau bisa juga dengan menggunakan agregat dengan gradasi terbuka.

Ada banyak segi lain yang dapat dibahas dalam memastikan campuran aspal hotmix yang baik, yang akan dibahas di artikel berikutnya. Jika anda sedang mencari jasa aspal jalan berkualitas yang berkualitas dan berpengalaman, silahkan hubungi PT Laksana Karya Indonesia yang akan memastikan kebutuhan pengaspalan anda terpenuhi. Kunjungi laksanakarya.co.id atau hubungi nomor (021) 55712277 atau email ke info@laksanakarya.co.id. Pekerjaan pengaspalan anda akan terjangkau dan dipastikan bergaransi.

logoblog
Jasa Aspal Jalan Menangani Kebutuhan Pengaspalan Hotmix Anda

» Thanks for reading: Jasa Aspal Jalan Menangani Kebutuhan Pengaspalan Hotmix Anda

Jual Aspal Curah Untuk Memperbaiki Jalan Aspal

Jual aspal curah untuk konstruksi pengaspalan jalan Jual Aspal Curah  untuk kebutuhan pengaspalan anda dapat ditemukan dijual per ki...